Inilah 10 Obyek Wisata Di Jogja Yang Sudah Dibuka Untuk Dikunjungi 2020 - Wisata Mantap

Histats

Inilah 10 Obyek Wisata Di Jogja Yang Sudah Dibuka Untuk Dikunjungi 2020

Obyek Wisata Di Jogja Yang Sudah Dibuka Untuk Dikunjungi 2020
foto by : @zarazafiraa
Obyek Wisata Di Jogja Yang Sudah Dibuka - Semenjak Pandemi covid-19 pemerintah menganjurkan berbagai sektor termasuk sektor pariwisata untuk menutup operasionalnya berbulan-bulan. Hingga warga di Indonesia dihimbau untuk selalu dirumahsaja supaya terhindar dari penyebaran virus tersebut.

Dan akhirnya pada bulan Juni Pemerintah Indonesia memberlakukan aturan new normal untuk masyarakat supaya dapat menjalankan aktivitas vitalnya di luar, seperti bekerja mencari nafkah, belanja bahan makanan pokok, dan lain sebagainya.

Untuk sektor pariwisata saat ini mulai melakukan uji coba dan pelan pelan dibuka. Beberapa destinasi wisata di Indonesia khususnya di Jogja juga telah kembali buka dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Nah bagi Anda yang hanya ingin sejenak refresing untuk melepas penat setelah lama di rumah saja, kali ini WisataMantap.com akan memberikan informasi beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang sudah dibuka. Informasi berikut kami dapat dari beberapa website antara lain jogja.tribunnews.com, travel.kompas.com, jogjapolitan.harianjogja.com, antaranews.com, dan dari instagram @pesonajogjatour.

Daftar Wisata di Jogja Yang Sudah Dibuka Saat ini

Berikut beberapa tempat wisata di kota Jogja yang sudah dibuka saat ini dan bisa Anda kunjungi.

1. Malioboro Jogja

Maliobo Jogja
Maliobo Jogja / foto by : @malioboro_insta
Obyek wisata di Jogja yang sudah dibuka pertama kali ialah Malioboro. Siapa yang sudah kangen dengan sepanjang jalan Malioboro? Setelah sekian lama, Malioboro kembali dibuka. Anda bisa berkunjung ke Malioboro lagi untuk jalan-jalan maupun sekedar duduk menikmati suasana sekitar. 

Namun, untuk masuk kawasan Malioboro ada aturan yang harus wisatawan ikuti yakni mengisi data dengan memindai QR code di titik-titik yang tersedia. Selain itu wisatawan juga diwajibkan untuk mengenakan masker, selalu menjaga jarak, dan cuci tangan.

2. Tebing Breksi Sleman Jogja

Tebing Breksi Sleman Jogja
Tebing Breksi Sleman Jogja / foto by : @arif_josselalu
Selanjutnya ada Tebing Breksi yang beralamat di Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Sebagai obyek wisata populer di Yogyakarta kini kembali dibuka mulai Selasa, 14 Juli kemaren dan diumumkan melalui akun Instagram @tebing_breksi. Wisata di Jogja ini kembali dibuka dan menetapkan waktu operasional mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Kecuali untuk hari senin, Tebing Breksi ditutup untuk kunjungan wisata.

Pengelola Tebing Breksi ini telah menerapkan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengunjung. Bagi Anda yang mengunjungi Tebing Breksi diwajibkan memakai masker, pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun. Bagi pengunjung dengan suhu tubuh 37,5 derajat Celcius keatas tidak diperbolehkan untuk memasuki area wisata.

Pengunjung juga wajib menerapkan jaga jarak antar pengunjung dan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum mengunjungi Tebing Breksi. Untuk memasuki wisata, pengunjung harus membayar HTM dengan membayar secara Non Tunai (EDC, Taping, Transfer) sebesar Rp 5.000 / orang.

3. Kawasan Wisata Keraton Jogja

Kawasan Wisata Keraton Jogja
Kawasan Wisata Keraton Jogja / foto by : @yudawputra
Tempat wisata di Jogja yang sudah dibuka saat ini ialah Kawasan Wisata Keraton dan membuka empat destinasi yakni Pagelaran Keraton Yogyakarta, Museum Kereta Keraton, Tamansari, dan area Keben.

Kawasan wisata Keraton telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat bagi pengunjung. Dengan menerapkan jam operasional mulai pukul 8.30 – 13.00 WIB di hari Sabtu hingga Kamis dan 8.30 - 11.00 WIB di hari Jumat.

Pengelola wisata menerapkan Protokol kesehatan seperti mencuci tangan, cek suhu tubuh, mematuhi pembatasan jumlah pengunjung, hingga mengisi data dengan memindai QR code.

4. Studio Alam Gamplong Sleman Jogja

Studio Alam Gamplong Sleman Jogja
Studio Alam Gamplong Sleman Jogja / foto by : @_hilyaae
Studio Alam Gamplong yang dibangun oleh sutradara ternama Hanung Bramantyo ini kembali beroperasi setelah ditutup selama tiga bulan akibat merebaknya covid-19. Kemudian pada tanggal 4 Juli 2020 Studio Alam Gamplong Sleman atau Studio Glampong Yogyakarta kembali dibuka. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung.

Dibukanya Gamplong Studio Alam diumumkan melalui akun Instagram resmi @gamplong_studio. Untuk memasuki kawasan wisata di Sleman ini Pengunjung wajib mengenakan masker dan dilarang melepasnya kecuali saat foto, makan, minum, gunakan hand sanitizer atau cuci tangan, cek suhu badan oleh petugas, dilarang berkerumunan. 

Petugas akan melakukan teguran bagi yang melanggar peraturan diatas, kemudian petugas akan menerapkan terguran berupa denda di tempat sebesar Rp 100.000/pelanggar bila tidak mengindahkan teguran pertama.

5. Bukit Klangon Jogja 

Bukit Klangon Jogja
Bukit Klangon Jogja / foto by : @juancekrekk
Yang selanjutnya ialah Bukit Klangon yang beralamat di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. Destinasi wisata ini sudah dibuka sejak tanggal 15 Juli kemaren. Pengelola wisata membuka wahana umum seperti camp [perkemahan] secara terbatas. 

Pengelola juga juga belum memberlakukan HTM, wisatawan hanya cukup membayar biaya parkir. Selain itu, disana juga telah memasang poster-poster himbauan untuk protokol kesehatan di sejumlah titik. Tempat untuk cuci tangan juga tersedia di sejumlah titik. Untuk kursi di warung-warung di Bukit Klangon juga sudah di sekat-sekat agar pengunjung tetap menjaga jarak.

6. The Lost World Castle Jogja

The Lost World Castle Jogja
The Lost World Castle Jogja / foto by @thelostworldcastle
Tempat wisata Jogja yang sudah dibuka selanjutnya ialah The Lost World Castle. Tempat ini resmi dibuka oleh pengelola wisata dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Bagi pengunjung yang ingin masuk di lokasi wisata diwajibkan untuk mengenakan masker, cek suhu badan, jaga jarak dan selalu cuci tangan. 

7. Deretan Pantai Jogja

Pantai Jogja
Pantai Jogja / foto by : @theroyaljoglo
Deretan Pantai di Jogja juga sebagian sudah mulai dibuka untuk dikunjungi. Mulai pantai di Kabupaten Bantul maupun Kabupaten Gunung Kidul. Untuk informasi daftar Pantai di Jogja yang sudah dibuka bisa cek [ disini ]

8. Bunker Kaliadem Merapi

Bunker Kaliadem Merapi
Bunker Kaliadem Merapi / foto by : @nikaalvi
Mengenai deretan kawasan wisata di lereng Gunung Merapi kembali dibuka secara terbatas mulai Rabu, 1 Juli 2020 kemarin. Salah satunya Bunker Kaliadem yang beralamat di Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. 

Pengelola wisata Bunker Kaliadem telah menerapkan protokol kesehatan seperti physical distancing, mengenakan masker, hingga cuci tangan. Bila nantinya wisatawan tidak tertib, maka pihaknya tak segan untuk menutup.

9. Merapi Park Sleman Yogyakarta

Merapi Park Sleman Yogyakarta
Merapi Park Sleman Yogyakarta / foto by : @dhian_hardjodisastro
Obyek Wisata Merapi Park Jogja, kembali dibuka untuk kunjungan wisatawan pada tanggal 2 Juli 2020 kemaren, dikenal dengan nama The World Landmarks ini dibuka kembali setelah ditutup sejak tiga bulan yang lalu.Informasi dibukanya Merapi Park Jogja ini diumumkan melalui akun Instagram @merapipark.jogja. 

Sebelum mengunjungi Merapi Park Jogja, wisatawan harus menyimak protokol kesehatan yang diwajibkan untuk para staf dan pengunjung. Yang pertama wisatawan wajib menggunakan masker, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, pengunjung wajib mengisi buku tamu digital di laman ini, mengutamakan pembayaran secara cashless, wajib mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer, menerapkan social distancing dengan jarak aman 1,5 meter, membawa perlengkapan ibadah pribadi.

10. Candi Prambanan Jogja

 Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan Jogja / foto by : @arkanantafau
Candi Prambanan Jogja kembali menerima kunjungan wisatawan setelah tutup selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19, pada tanggal 1 Juli kemaren Candi Prambanan dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta pembatasan jumlah pengunjung.

Bagi yang ingin mengunjungi wisata Candi Prambanan di Sleman Jogja ini harus wajib menaati peraturan protokol kesehatan seperti wajib mengenakan masker, jaga jarak, selalu cuci tangan hingga cek suhu badan oleh petugas wisata. Untuk candi lainnya seperti Candi Ratu Boko dan Candi Borobudur juga telah dibuka.

Itulah 10 Obyek WIsata di Jogja Yang Sudah Dibuka Untuk Dikunjungi 2020. Nah bagi Anda yang ingin melepas penat bisa kunjungi 10 obyek wisata di Jogja tersebut. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi. Jangan lupa pantau terus WisataMantap untuk memperoleh informasi tempat wisata terbaru di Indonesia. Thank you for visiting :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel