Harga Tiket Masuk Wisata Sejarah Candi Sambisari Yogyakarta Terbaru

Harga Tiket Masuk Wisata Sejarah Candi Sambisari - Jawa Tengah dan Yogyakarta ada yang menyebutnya museum situs dan candi-candi bersejarah peninggalan nenek moyang. Sebut saja candi terkenal yang selalu menjadi primadona wisatawan seperti prambanan dan Borobudur. Bukan hanya itu saja, kawasan ini juga masih memiliki peningalan yang jarang diketahui.

Peninggalan bersejarah selain 2 candi tersebut yang belum banyak orang tahu adalah Candi Sambisari. Meski terletak tidak jauh dari 2 candi tersebut, dulunya Candi Sambisari terbilang masih belum terlalu dikenal wisatawan sehingga suasanya di Candi Sambisari tidak terlalu ramai. Namun justru inilah hal yang menarik dari Candi Sambisari. Tetapi kini sudah mulai terkenal.

Sempat terkubur bertahun-tahun di dalam tanah, Candi Sambisari yang ditemukan kembali oleh seorang petani tak pernah pudar memancarkan pesonanya. Kini candi Sambisari yang lokasinya lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya itu menjadi salah satu candi yang ramai dikunjungi wisatawan. Namun sebelum menjadi obyek wisata sejarah, simak sejarah asal-usul dari Candi Sambisari.

Sejarah Candi Sambisari Wisata Tersembunyi

Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Sambisari terletak di desa Sambisari, kelurahan Purwomartani, kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY. Latar Belakang Keagamaan Di candi Sambisari, bilik candi tidak ditempati arca Siwa Mahadewa, tetapi dalam aspek lain yaitu, Lingga dan Yoni. Lingga adalah perwujudan dari Dewa Siwa. Kesatuan, lingga dan yoni merupakan lambang persatuan Siwa dan Çakti-nya. 

Selain itu juga sebagai lambang kesuburan. Di samping Lingga da Yoni ada beberapa arca dari pantheon agama Hindhu yaitu, Durga Mahesassuramardini (utara), Ganeça (timur), Agastya (selatan), serta Mahakala dan Nandiswara sebagai penjaga pintu Berdasarkan arca-arca yang terdapat di candi Sambisari tersebut, maka dapat diketahui bahwa latar belakang keagaman candi Sambisari bersifat Çiwaistis (berpusat pada Siwa)

Fasilitas Candi Sambisari Yogyakarta

Candi Sambisari yang belum terlalu ramai menjadikan tempat ini cocok digunakan sebagai lokasi photo session. Di tambah lagi dengan sejarahnya yang romantis menjadikan lokasi ini populer dikalangan muda – mudi. Komplek Candi Sambisari menawarkan pesona keindahan tersendiri bagi siapa pun yang mengunjunginya. 

Tidak hanya bangunan candi saja yang ada di Candi Sambisari, di tempat ini terdapat hamparan rumput hijau dan taman yang tertata dengan rapi. Dinding tanah yang mengitari candi dihiasi dengan rumput hijau yang subur dengan tulisan Candi Sambisari dari perdu yang indah. Hal ini menjadikan di tempat Candi Sambisari memiliki suasana yang sejuk nan asri, membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama disini. Saat musim hujan telah tiba, semuanya terlihat hijau segar. Lokasi ini sangat cocok dijadikan sesi foto terbaik yakni pre wedding.

Selain hunting foto wisatawan juga dapat menikmati keindahan Sunset & Sunrise. Lokasi candi Sambisari yang luas membuat pandangan cukup bebas dan tidak mendapatkan banyak penghalang. Area candi yang lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya dan keberadaan tanah lapang berumput hijau menjadi salah satu daya tarik di tempat wisata ini.

Di tambah dengan fasilitas umum yang siap digunakan para wisatawan, seperti area parkir yang luas, toilet, mushola, semua tersedia disana. Bagi wisatawan yang merasa lelah dan lapar bisa mampir di Warung Soto Bathok Mbah Katro.Warung soto yang berada tak jauh dari Candi Sambisari ini menjadi salah satu destinasi jujukan wisata kuliner yang cukup favorit di kawasan Candi Sambisari.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari Terbaru

Selain fasilitas yang lengkap Candi Sambisari juga memiliki harga tiket masuk yang tergolong murah, bagaimana tidak? dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, wisatawan sudah bisa menikmati dengan puas di Candi Sambisari. Namun khusus untuk wisatawan mancanegara tiket masuknya sebesar Rp 10.000 per orang. Mengenai jam operasional Candi Sambisari Buka pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Lokasi Candi Sambisari Yogyakarta

Candi Sambisari terletak di Kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. ( Google Maps )

Untuk rute menuju Candi Sambisari wisatawan bisa melewati Jalan Raya Jogja – Solo. Sesampainya pertigaan Bandara Adi Sutjipto wisatawan masih harus lurus terus. Lalu kalian akan menjumpai pertigaan dengan penanda Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta kalian belok kiri menuju utara. Sekitar 10 menit kamu akan tiba di Candi Sambisari yang terletak di area perkampungan warga.

Galeri Foto Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Pesona Candi Sambisari
Wisata Murah dan Favorit di Yogyakarta
Candi Sambisari Wisata Sejarah di Jogja
Keindahan Candi Sambisari
Spot Foto di Candi Sambisari
Wisata Populer di Jogja
Demikian informasi Candi Sambisari Wisata Tersembunyi Di Yogykarta Nan Romantis. Semoga bermanfaat dan menambah referensi berlibur. Jangan lupa selalu kunjungi wisatamantap.com untuk mendapatkan informasi terbaru tempat wisata di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel